Kamis, 29 September 2011

Hari Yang Fitrah

Tibanya sawal, mesjid-mesjid diam bersedih tanpa kata hingga azan subuh berkumandang, di sana-sini takbir mulai berkumandang, umumkan datangnya fitrah, ingatkan yang belum membayar fitrah tuk kembali ke fitrah, lapangan dan jalan-jalan penuh dengan jamaah pelaksana shalat ‘Ied, bagi orang Indonesia disediakan angkutan untuk shalat ‘Ied berjamaah yang diadakan oleh kedutaan baik di halaman parkir kedutaan ataupun tempat-tempat yang telah disediakan dan disewa oleh kedutaan dalam rangka pelaksanaan shalat ‘Ied dan halal bi halal bagi seluruh masyarakat Indonesia .
Hari raya ‘Idul Fitri disebut juga dengan ‘Ied Shughra (hari raya kecil), sedangkan ‘Idul Adha (hari raya kurban) dinamakan ‘Ied Kubra (hari raya besar). Dari namanya, kita dapat mengetahui bahwa ‘Iedul Fitri biasa-biasa saja atau tidaklah ramai bila dibandingkan dengan Idul adha, mereka lebih terlihat meriah dalam perayaan Idul adha dibandingkan dengan Idul Fitri. Di Indonesia, perayaan hari raya dengan cara bersilaturahim dari rumah ke rumah.
Demikian ulasan singkat mengenai suasana menyambut bulan suci Ramadhan dan cara menjalaninya serta merayakan ‘Iedul Fitri.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar