Sabtu, 24 September 2011

Liburan @TamanSafari

Pada liburan agustus kemaren tepatnya hari jumat-sabtu entah tanggal berapa (lupa) aku dan keluarga (papa,mama,adik dan kakak) pergi berwisata ke Taman Safari, tepat pukul 7 pagi kami berangkat dari rumah menggunakan mobil pribadi semua perlengkapan yang sudah kami siapkan dari hari sebelumnya sudah tersedia dibagasi mobil , perlengkapan yang kami bawa banyak sekali karena kami disana berniat untuk menginap cihuuuy ^^
Tepat setengah 9, perjalanannya cukup lancar kita langsung menuju  (nah info pertama nih : Taman Safari bukanya dari jam 09.00 – 17.00). Akhirnya kita pergi reservasi dulu. Jadi saudara-saudara, Taman Safari ini ternyata menyediakan berbagai macam tipe penginapan. Ada Safari Lodge (yang bentuk kamar hotel), ada yang caravan (mirip-mirip trailer gitu deh), dan ada yang bungalow.

Berhubung Andin masih kecil, belum bisa makan makanan orang dewasa, jadi kita ingin tempat yang ada dapurnya buat masak. Kebetulan yang ada dapurnya cuma bungalow, itupun yang bungalow 3 kamar. Yasudah, terpaksa kita sewa yang itu. Harganya cukup murah (kata papa) . Selesai reservasi kita langsung diantar ke bungalownya. Jalannya kecil, mendaki, agak gelap, pohon tinggi sana sini. Sampai di Bungalow kita langsung terpana, wey luas wey (mukanorak -_-) adalah kira 120m2. Dapurnya cakep, kamar mandi oke, teras ada, kamarnya juga luas. Plus di belakang ada jeram kecil jadi terdengar deh suara gemericik air, kricik…kricik sangat adem rasanya.

Tepat sekitar jam 10, kitapun berangkat ke Kebun Binatangnya. Sebelum masuk kearea kebun binatang kami membeli makanan yang akan kami berikan ke hewan-hewan yang ada disana. Ternyata lagi, nah ini info penting kedua nih, kalo menginap di sana, tiket Kebun Binatangnya diskon 20% loh (bisa untuk Safari siang maupun Safari malam). Karena kita week-day jadi harga tiketnya 60rb, setelah diskon jadi 40rb, lumayan kan. Setelah masuk ke dalam daerah taman safari kami pun langsung disosor oleh zebra. Nah ini info penting ketiga disana kita tidak boleh membuka kaca/jendela mobil lebar-lebar karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan . Gara-gara ingin menghemat si wortel, akhirnya kita kasih makan hewannya dikit-dikit aja . Ternyata apa yang terjadi? Tiba-tiba aja kami sudah sampai di kandang singa, dimana setelah itu tidak ada lagi hewan yang mau makan wortel. Jadi wortel sisanya? Ya terpaksa dibawa pulang lagilah, mubazir banget kan. Intinya, hewan yang bisa makan wortel itu cuma zebra sama unta, itu juga pada munculnya di awal saja. Setelah puas di Taman Safari, kami langsung istirahat buat makan siang. Ternyata, di tempat peristirahatan itu lagi ada pertunjukan animal education show (Mulai dari gajah, singa, lumba-lumba, burung, kera, semuanya ada). Nah yang aku lihat waktu itu adalah jadwal shownya si gajah (menonton pertunjukan diri sendiri kata papah -_-). Lumayan seru loh, apalagi buat anak-anak . Kebetulan sedang ada SD manaaa gitu yang wisata di sini, jadinya rame banget. Heboh deh. Habis makan, kami menuju Baby Zoo. Gratisan nih, alias gak bayar. Weleh namanya Baby Zoo bukan berarti isinya adalah hewan-hewan yang masih kecil, oh sama sekali tidaaak. Isinya lebih ke berbagai jenis burung. Disana juga ada anak singa,  anak kera, dan harimau putih kalo kita mau foto bersama tentu dibolehkan tapi harus bayar hhhuuuhh :'( (kalo gratis sih mau wkwkwk :D)

Nah selesai dari Baby Zoo, pengennya sih ajak Andin naik kuda poni/gajah/unta (cuma 10rb/1x naik), tapi apa daya, jam sudah menunjukkan pukul 2 dimana kami merencanakan untuk menonton Wild Wild West. Apa sih Wild Wild West itu? Mesti pada banyak yang gak tau deh :p , perginya cuma ke Kebun Binatangnya doang si, padahal Kebun Binatangnya itu kan cuma setengah luasnya dari Taman Safari. Acara ini gratisan loh, rugi deh kalo gak nonton.
Jadi Wild Wild West ini lokasinya paling ujung dari Taman Safari. Bisa kesana naik mobil, bisa juga naik kereta yg khusus disediakan oleh Taman Safari for free. Wild Wild West dengan durasi 45 menit ini isinya adalah atraksi para koboi. Panggungnya lumayan luas, ada kali 40 x 20 m. Di panggung udah ada pasir, kandang, tiruan bangunan country, dll. Ceritanya sudah barang tentu ada, aksi panggungnya pun lucu sehingga cocok sekali buat anak-anak. Sound systemnya oke punya. Yang bikin heboh adalah atraksi ini melibatkan hewan-hewan juga mulai dari kuda, anjing, ayam, burung, tikus, kucing, dll. Mereka dilatih dengan seksama agar pandai berakting juga.
Keluar dari sana, sudah pukul 3. Baru saja mau masuk mobil buat capcuuus berangkat lagi eh udah ada keramaian lagi di seberang sana. Ada apaan sih kira-kira? Usut punya usut, ternyata lagi ada pertunjukan golden globe death, kalo di Pekanbaru menyebutnya tong setan. Sampai lima motor cuy, gile serem juge. Habis pertunjukan globe death, kita sempatkan untuk foto-foto sebentar, soal pemandangannya bagus si. Andin kecil juga maksa minta main air. Oh iya lupa bilang, Taman Safari ini penuh dengan air mancur dan jeram. Sehingga suara gemericik air terdengar di sana sini.
Habis foto-foto, rencananya sih kita mau mengunjungi Taman Bermain (disana kan ada permainan-permainan mirip di Dufan hanya dalam ukuran yang lebih kecil) dan Kampung Irian buat ngeliat penguin, dan hewan-hewan lainnya tapi badan mah udah keburu cape, ngantuk juga. Jadilah kami pulang ke Bungalow saja buat istirahat.
Setelah istirahat dan mandi, badan pun segar brrrrr :D Sekitar jam 5 sore kami pun bergegas keluar dari Taman Safari, mau makan malam. Berdasarkan referensi teman-teman dan situs yang aku baca, Cimory yahud tuh buat dikunjungi. Jadilah kami kesana. Buat yang belum tau, Cimory terletak di km 77, kalau dari arah Jakarta dia ada di sebelah kiri. Penandanya adalah patung sapi, lumayan eye catching ko patungnya :p . Restonya tepat berada di atas lembah, jadi kita akan disuguhi oleh pemandangan yang menakjubkan. Waktu sampai disana, hari sudah menjelang malam. Kami pun mengambil meja yang semi outdoor. Dari jauh sudah terlihat kerlap-kerlip lampu, indah deh ditambah dengan hembusan angin malam yang sepoi-sepoi. Oh iya ada live musiknya juga loh bisa request lagu :) . Menu disana cukup beragam mulai dari makanan Amerika (terutama sosis) sampai Indonesia. Nah kalau mau pesan minum jangan buru-buru dulu. Ada baiknya berkunjung ke supermarket di bawah. Disana dijual susu segar Cimory (1 lt susu harganya kisaran 14rb) dengan berbagai rasa, juga ada yoghurt (5rban). Buat oleh-oleh juga oke. Di Cimory juga ada taman bermainnya, jadi baik orang dewasa maupun anak-anak akan betah sekali berada disini. Mengenai harga, yaah rada mahal juga, perorang bisa kena 40rb padahal rasanya standard ah tapi tak apalah, tempatnya pun oke :)

Keesokan harinya (hari sabtu)

Pagi sekitar jam setengah 7 kita udah bangun dan jalan-jalan di sekitar bungalow. Ternyata bungalow di sekitar kami ada banyak juga, dan tampaknya udah pada mulai diisi. Selain air mancur dan jeram yang kerap ada, taman bermain juga sering kita temukan disini. Barang 200 m ada taman bermain, 200 m lagi eh taman bermain lagi .
Bagi pengunjung yang menginap di hotel dapat sarapan gratis-tis di Caravan Restaurant. Sarapan udah bisa dimulai sejak jam 7 pagi dan bagi aku yang perutnya selalu keroncongan, langsung deh maksa-maksa buruan buat sarapan :D. Lumayan juga menunya : ada bubur ayam, mie baso, omelette, rot, nasi, dan buah. Nah si restoran ini tepat berada di pemukiman Caravan dan  pas berada di sebelah kolam renang anak-anak. Dipikir-pikir, si Caravan ini udah harganya lebih murah, lokasinya lebih strategis pula. Ni pihak Taman Safari apa ga kebolak nih menaruh penginapannya? (dengan muka penuh keheranan). Setelah sarapan, kita berencana mau outbond atau paling ga ke Waterpark. Yeee…pada tau ga kalo di Taman Safari ada outbond dan waterpark (aku juga baru tau si :D) Tapi sayang beribu sayang, karena keasikan di restoran, kami baru sadar kalo jam udah menunjukkan pukul 9 dimana kita semua pada belon mandi :D Walhasil kami segera balik ke bungalow untuk mandi dan beres-beres, dan eeeh tiba-tiba saja udah jam 11 :( . Wah padahal target tiba di Bekasi adalah jangan sampai sore biar Minggunya ga kecapaian. Maka ya sudahlah, kami pun menuju reservasi untuk pembayaran . Sebelum pulang kami sempatkan untuk mampir ke toko souvenir yang letaknya pas di sebelah reservasi. Wew lumayan lucu-lucu nih barangnya palagi yang magnet kulkas harganya 25rban, naksir oooy. Kaosnya juga bagus-bagus, tapi rada mahal ya, kisaran 75rb. Abis itu pulang deh. Dikarenakan begitu terkontrol dan terencananya kami pun terhindar dari kemacetan :D dan tiba dengan selamat sampai di rumah . Alhamdulillah yah Sesuatu banget :)